Skip to content

Short Treks: The Brightest Star Ceritakan Asal-usul dari Letnan Saru

Star Trek adalah sebuah film fiksi bertemakan luar angkasa yang sangat populer di banyak negara di dunia. Oleh karenanya, dibuatkan juga 2 versi filmnya yaitu yang ditayangkan secara berseri di televisi dan satu lagi yang diputar di layar lebar atau bioskop.

Nah, khususnya yang diputar sebagai film seri di televisi, sekarang sudah memasuki episode yang berjudul “Discovery.” Dalam episode ini dibadi menjadi 2 sesi, yaitu Sesion 1 yang dimulai pada tanggal 24 September 2017 dengan judul “The Vulcan Hello” dan berakhir pada tanggal 11 Februari 2018 kemarin dengan judul “Will You Take My Hand?” Untuk Sesion 2 akan diputar secara perdana pada tanggal 17 Januari 2019 mendatang.

Di sela-sela diputarnya seri-seri di Season 1 itu, ternyata ada spin-off miniseri yang berjudul Star Trek: Short Treks. Dalam miniseri ini, pihak pemegang lisensi cerita, Alex Kurtzman, menggunakannya untuk menjelaskan mengenai berbagai karakter baru yang hadir serta beberapa hal lain yang belum sempat ditayangkan di serial-serial Star Trek lainnya.

Film pertama di serial Star Trek: Short Treks ini adalah berjudul “Runaway” yang ditayangkan pada tanggal 4 Oktober 2018 dan kemudian diteruskan dengan sekuel selanjutnya yang berjudul “Calypso” pada tanggal 8 November 2018.

Dan ada satu bocoran sekuel terbaru untuk Star Trek: Short Treks tersebut, yaitu “The Brightest Star.” Film ini nantinya akan ditayangkan beberapa hari lagi, tepatnya pada tanggal 6 Desember 2018 besok dan kemudian lanjutannya yang berjudul “The Escape Artist” akan diputar pada tanggal 3 Januari 2019.

Di The Brightest Star tersebut nantinya akan menjelaskan asal-usul dari Letnan Saru yang diperankan oleh Doug Jones atau orang Kelpien pertama yang ada di Starfleet. Dalam sipnosis pendeknya, sebelum bergabung dengan Starfleet, Saru hidup sederhana di planetnya yang bernama Kaminar dengan keluarganya.

Saru muda sangat cerdas dan pintar. Dia juga memiliki rasa keingintahuan yang sangat besar dibandingkan dengan orang-orang sebangsanya. Dengan hasrat besar untuk mengetahui apa yang ada di bawah desanya itu membuat Saru melangkah ke pengalaman yang sangat penting untuk masa depannya sendiri.

Saru sendiri sebelum memulai perjalanan dan petualangannya selalu melihat orang-orang Kelpien selalu merasa tak nyaman dan selalu was-was karena akan ada sesuatu hal yang besar akan menimpa mereka termasuk semua makhluk dalam planet Kaminar. Rasa tak nyaman tersebut bukanlah suatu insting tanpa dasar saja, melainkan memang orang-orang Kelpien memiliki indera keenam yang sangat peka ketika akan ada bahaya yang mengancam.

“Ketika orang-orangku melihat jauh ke bintang-bintang, yang mereka lihat hanyalah kematian,” ungkap Saru suatu hari.

Sayangnya, hanya sedikit saja bocoran mengenai The Brightest Star tersebut dirilis ke publik, bahkan trailernya pun tidak sampai 1 menit panjangnya dengan menampilkan Saru ketika masih belum bergabung dengan Starfleet serta keadaan di desanya.

Menurut kabar yang beredar, The Brightest Star ini hanya akan berdurasi sangat pendek, yaitu sekitar 10 sampai 15 mennit saja dan selain menampilkan Doug Jones sebagai pemeran Saru, ada juga Mary Wiseman yang memerankan karakter Ensign Sylvia Tilly, serta Rainn Wilson yang memerankan karakter Harry Mudd. Terdapat juga satu karakter baru bernama Aldis Hodge.

Karakter Saru sendiri pertama kali muncul di prequel novel Star Trek: Discovery yang berjudul “Fear Itself.” Dia juga pernah muncul di komik yang merupakan terbitan IDW Publishing dengan judul “Star Trek: Discovery: Captain Saru.”