Skip to content

Kabut Pekat Masih Selimuti Produksi dari Star Trek 4

Setelah Star Trek: Nemesis yang dirilis pada tahun 2002 kurang begitu sukses dan juga dibatalkannya serial televisi yang berjudul Star Trek: Enterprise, Rick Berman selaku eksekutif produser film ini beserta screenwriternya, Erik Jendresen mulai membuat film lanjutan lain yang ditujukan untuk menggantikan kegagalan dari Nemesis.

Dalam filmnya tersebut, pihak pemilik lisensi Star Trek menginginkan untuk menampilkan kembali beberapa bagian dari kisah yang telah lalu dengan tambahan-tambahan cerita lain. Sebagai penanda, maka pihak pemegang lisensi menggunakan kata Reboot (Kelvin Timeline). Kelvin sendiri merupakan nama pesawat luar angkasa, USS Kelvin.

Dalam Reboot (Kelvin Timeline) tersebut dimulai dengan diputarnya film yang berjudul “Star Trek” pada tahun 2009 dan kemudian dilanjukan dengan dirilisnya “Star Trek Into Darkness” pada tahu 2013, serta “Star Trek Beyond” di tahun 2016.

Setelah Star Trek Beyond, sampai tahun 2018 tidak ada lanjutan lagi untuk film layar lebar Star Trek lainnya. Adapun film yang terus diputar adalah serial televisinya saja. Namun ada kabar bahwa pada tahun 2019 nanti bakal ada satu film terbaru Star Trek yang menurut rumor berjudul “Star Trek 4.”

Sampai sekarang belum diketahui apakah benar nantinya judul film layar lebar Star Trek yang terbaru adalah Star Trek 4 atau bukan dan juga apabila benar, apa arti dari angka 4 tersebut. Hanya saja, dari minggu ke minggu terus bermunculan rumor-rumor mengenai Star Trek 4 itu.

Kabarnya, sebagai sutradaranya nanti akan ditangani oleh S. J. Clarkson yang merupakan wanita pertama yang menukangi film sekelas Star Trek ini. Terkait dengan hal ini, pihak Paramount Pictures belum memberikan komentar apapun.

Pada bulan Juli 2018 kemarin, ada rumor yang mengatakan bahwa semua hal yang akan digunakan untuk menggarap Star Trek 4 ini sudah rampung dan siap sedia semua. Mulai dari lokasi, waktu syuting sampai dengan para pemainnya sudah tidak ada masalah apapun.

Untuk lokasinya, dikabarkan akan mengambil tempat di London dan Atalanta, sedangkan untuk para pemainnya antara lain, Karl Urban, John Cho, Zoe Saldana, Zachary Quinto dan tentu saja Chris Pine serta Chris Hemsworth.

Sayangnya, hanya berselang beberapa minggu saja setelah rumor di atas muncul, tepatnya pada bulan Agustus ada kabar lain yang mengatakan bahwa Pine dan Hemsworth terpaksa memilih jalan mundur daripada harus menjadi pemeran di Star Trek 4 tersebut. Mundurnya 2 aktor hebat ini dikarenakan tidak ada kesepakatan masalah bayaran yang akan mereka dapatkan di film itu nantinya.

Ada kabar yang menyebutkan bahwa baik Pine ataupun Hemsworth yang merasa diri mereka sudah setara dengan artis kelas A Hollywood karena sukses dengan karakter mereka sebagai superhero, maka menurut mereka cukup pantas jika bayaran yang harus diterima adalah setara dengan artis kelas A lainnya.

Namun dengan tuntutan bayaran setara artis kelas A yang cukup tinggi tersebut tidak dapat dipenuhi oleh pihak Paramount. Menurut pihak Paramount, film Star Trek walaupun sudah cukup melegenda, namun masih belum sebanding dengan film-film bertemakan superhero tersebut. Oleh karenanya, Paramount tetap bersikeras dengan draft anggaran yang telah mereka buat sebelumnya.

Dengan tidak adanya kesepakatan itu, maka Pine akan fokus untuk tampil kembali sebagai Steve Trevor di film Wonder Woman 1984, sedangkan Hemsworth akan kembali menjadi Thor di sekuel lanjutan The Avengers, yaitu Avengers 4. Dan menurut beberapa sumber lain, dikarenakan Pine dan Hemsworth memilih mundur, produksi Star Trek 4 juga menjadi tersendat.