Skip to content

4 Hal yang Berasal dari Indonesia Muncul atau Disebutkan di Star Trek

Secara umum, Star Trek merupakan film fiksi – scifi yang berbasis pengetahuan dan kali pertama ditayangkan sebagai sebuah film seri di televisi pada tahun 1966. Dari awal diputarnya film tersebut yang berjudul “Star Trek: The Original Series,” dari tahun ke tahun terus bermunculan film-film bertemakan Star Trek baik di televisi ataupun di layar lebar. Bahkan ada banyak hal lain yang bertemakan Star Trek bermunculan, mulai dari buku sampai dengan game serta taman bermain.

Akan tetapi, ada hal yang unik dalam film Star Trek ini yang mana akan membuat kita sebagai orang Indonesia tersanjung dibuatnya. Kenapa begitu, hal itu disebabkan ada beberapa hal yang identik, berasal sampai dengan yang langsung mengerucut pada Indonesia diangkat langsung di Star Trek.

Nah, berikut ini adalah hal-hal yang berkaitan dengan Indonesia yang ada atau muncul di Star Trek.

Joe Taslim

Joe Taslim adalah salah seorang aktor terkenal dan handal dari Indonesia yang mana pada tahun 2016 lalu dipercaya untuk memerankan karakter alien antagonis bernama Manas. Memang dalam perannya tersebut, wajah Joe yang banyak disukai kaum Hawa ini tidak nampak sama sekali karena tertutup oleh make up dan lainnya agar dia benar-benar nampak seperti alien dari planet lain.

Terpilihnya dan keikutsertaan Joe dalam film Star Trek Beyond tersebut kali pertama terbongkar ke publik setelah ada sebuah akun Twitter bernama @TrekCore mengunggah twit yang menyebutkan bahwa memang ada seorang aktor terkenal dari Indonesia yang bakal bermain di Star Trek Beyond sebagai Manas dan dia adalah Joe Taslim.

Tidak ingin berpolemik, Joe akhirnya langsung memberikan tanggapan melalui akun Instagram pribadinya dengan menjelaskan bahwa memang benar dia akan memerankan sosok Manas ini di Star Trek Beyond. Dalam akunnya itu, Joe mengunggah foto dirinya yang telah berubah menjadi Manas dan menambahkan caption terkait dengan film tersebut.

Wayang

Jika Joe Taslim hadir di film layar lebar berjudul Star Trek Beyond, di film serial televisinya di Session 1 di seri Star Trek: Discovery pada bulan September 2017 kemarin, ada penampakan sebuah karakter wayang yang terpajang di dinding kapal antariksa Starfleet.

Wayang tersebut terlihat ketika kamera mengarahkan posisinya ke arah Michelle Yeoh yang memerankan Kapten Gerogiou. Pada saat itu, Kapten Gerogiou sedang berbicara di ruangannya dan di belakang wanita tersebut terlihat jelas ada wayang berukuran standar berdiri tegak.

Uniknya, ketika penampakan wayang ini menghebohkan netizen Tanah Air, tidak sedikit dari orang-orang di Malaysia dan Thailand yang juga menyebut bahwa itu adalah barang yang khas dari negara mereka. Akan tetapi  jika dilihat dari bentuk dan desainnya, sudah terlihat jelas bahwa wayang yang terpampang adalah berasal dari Indonesia.

Gatotkaca

Masih seputar wayang, setelah muncul dan terlihat jelas di film seri tersebut, maka banyak yang mencoba mencari tahu sosok atau karakter apa sang wayang itu. Dan akhirnya muncul celoteh dari pemilik akun Twitter @SwetaKartika bahwa karakter wayang yang muncul tersebut adalah Gatotkaca.

Memang tidak disebutkan alasan menggunakan pajangan wayang dalam film tersebut, namun seperti yang diketahui, Gatotkaca adalah seorang ‘superhero’ Indonesia yang memiliki kekuatan dan kekuatan mirip Superman.

Indonesia hebat

Kali ini bukan berdasarkan dari film, namun pada novelnya, beberapa puluh tahun lagi, Indonesia akan menjadi negara super-power yang melebiihi Amerika Serikat. Indonesia sendiri muncul di novel Star Trek yang berjudul “The Rise and Fall of Khan Noonien Sigh, Volume 2. Disebutkan bahwa pada tahun 2063, saat Perang Dunia III berkecamuk, Indonesia menjadi pemimpin program luar angkasa yang dikenal dengan nama Indonesia Space Agency.